Friday, September 18, 2015

Manfaat Yoghurt untuk Kesehatan dan Kecantikan

hotel in bali, hotel in seminyak, cheap hotel in bali, balinese hotel, bali hotel, hotel bali, balinese experience, balinese experience hotel, fun in bali, hotel murah di bali, hotel murah di seminyak, hotel di seminyak dekat pantai, hotel murah dekat pantai, hotel di bali, hotel di seminyak, Hotel bintang 3 di bali, recommended hotel in bali, honeymoon in bali, travelling to bali
Ilustrasi : http://www.1001freefonts.com/
Saat mendengar kata yoghurt, yang terbayang adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat, yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan aroma khas pada yoghurt, termasuk rasa asam yang dihasilkan. Selain teksturnya yang kental, lembut, dan memiliki rasa asam yang lezat, yoghurt juga memberikan manfaat gizi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. 

Yoghurt adalah sumber signifikan dari kalium, fosfor, riboflavin, yodium, seng, dan vitamin B5 (asam pantotenat). Yoghurt juga mengandung B12, untuk mempertahankan sel-sel darah merah dan membantu menjaga sistem saraf berfungsi dengan baik.

Saat ini, berbagai varian yoghurt telah banyak dipasarkan, demikian juga dengan hasil olahannya. Sebelum kita mengkonsumsi yoghurt, alangkah baiknya jika kita mengetahui apa saja manfaat dari yoghurt. 

Manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan

1. Memperkuat tulang dan gigi

Yoghurt banyak mengandung kalsium yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan kalsium dalam yoghurt inilah yang sangat baik untuk memperkuat tulang. Selain memperkuat tulang, yoghurt bisa mengatasi osteoporosis pada tulang. Asam laktat menyerap kalsium dan fosfor yang baik untuk kekuatan tulang. Vitamin K yang terdapat pada yoghurt juga membantu metabolisme tulang agar berjalan dengan baik. Meskipun yoghurt mengandung gula tapi tidak menyebabkan gigi berlubang karena asam laktat dalam yogurt berperan untuk memberikan perlindungan gusi.

2. Menurunkan berat badan

Selain baik untuk tulang, yoghurt juga baik untuk membantu dalam diet. Manfaat yoghurt untuk diet didapatkan dari kandungan kalium dalam yoghurt yang membantu untuk merangsang penggunaan lemak yang disimpan dalam tubuh. Ketika melakukan diet, yoghurt adalah makanan wajib agar diet yang dilakukan cepat berhasil.

3. Menurunkan darah tinggi

Tidak hanya bisa menurunkan berat badan atau membantu dalam melakukan diet, kalium yang ada dalam yoghurt juga dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi. Setiap hari sekitar 70 persen dari kita, mengkonsumsi lebih dari dua kali jumlah garam yang disarankan. Hal yang dilakukan dari waktu ke waktu ini dapat menyebabkan hipertensi dan ginjal. Kalium dalam yogurt, dapat membantu membuang kelebihan sodium keluar dari tubuh.

4.  Menambah imun tubuh

Mengkonsumsi yoghurt bisa membantu menambah sistem imun atau kekebalan tubuh. Yoghurt mengandung prebiotic yang merangsang pembentukan sel darah putih yang merupakan tameng melawan bakteri. Dengan bertambahnya imun tentunya tubuh akan semakin kebal dari segala macam penyakit.

5.  Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat lain dari yoghurt yaitu menjaga kesehatan pencernaan tubuh. Hal ini dikarenakan dalam yoghurt terdapat bakteri baik yang dapat membantu menjaga kesehatan usus. Manfaat yoghurt ini sangat bagus untuk ibu hamil karena dapat mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit dan gangguan pencernaan lainnya yang biasa diderita ketika sedang hamil.


Manfaat Yoghurt Untuk Rambut dan Kulit Cantik

Tidak hanya baik sebagai bahan makanan, tapi yoghurt juga dikenal karena sifatnya yang menguntungkan bagi kesehatan kulit dan rambut yang kuat. Menggunakan yoghurt untuk kulit dan rambut merupakan cara suku India kuno. Bahkan, Cleopatra dari Mesir kuno diketahui melakukan mandi yoghurt untuk menjaga kecantikan kulitnya. Berikut ini beberapa diantaranya :

1.  Menghaluskan kulit

Tidak hanya untuk kesehatan, yoghurt juga sangat bermanfaat untuk kecantikan. Manfaat yoghurt untuk kecantikan yaitu dapat menghaluskan kulit tubuh. Asam laktat yang terkandung dalam yoghurt dapat menghilangkan sel kulit mati dan menghaluskan kulit tubuh. 

2. Mengangkat Sel Kulit Mati

Selain dikonsumsi untuk menghaluskan kulit, yoghurt juga bisa dijadikan masker atau lulur tubuh yang sangat baik untuk mengangkat sel kulit mati. Hal ini bagus untuk mereka yang memiliki kulit kering dan sensitif.Buat scrub alami di rumah berbahan 2 sdm yogurt dan 1 sdm oat. Lakukan eksfoliasi kulit dengan cara, memijat lembut kulit dengan gerakan memutar.Selain itu, yoghurt juga bisa digunakan untuk menghilangkan komedo. Campurkan yoghurt dengan sedikit tepung beras hingga menjadi pasta tebal. Gosok ke kulit dengan gerakan memutar kecil, kemudian cuci dengan air dingin.

3. Memerangi Jerawat

Tambahkan yoghurt ke dalam menu diet harian atau sebagai perawatan wajah untuk menyembuhkan jerawat. Karena sifat asam, yogurt dapat menghancurkan berbagai bakteri penyebab jerawat, jamur dan kuman dalam tubuh.Balurkan yoghurt pada wajah sebagai masker dan cuci setelah 30 menit dengan air bersih untuk membersihkan kulit. Atau buat pasta dari yoghurt dengan menambahkan kunyit bubuk, gula dan bubuk cendana. Oleskan pasta pada kulit dan bilas dengan air dingin setelah 15 menit.

4. Menyembuhkan Kulit Terbakar

Yoghurt mengandung seng yang membantu meringankan kulit dan sensasi gatal-gatal akibat terbakar matahari. Campur yoghurt dengan tambahkan beberapa minyak esensial seperti minyak zaitun, kemudian oleskan campuran ini pada permukaan kulit yang terbakar dan biarkan selama 15 menit sebelum membilasnya.

5. Menyingkirkan Ketombe

Yogurt mengandung sifat anti jamur dan anti-bakteri yang membantu merangsang pertumbuhan rambut dengan bertindak sebagai pembersih alami dan menyingkirkan ketombe. Manfaat anti-bakteri juga membantu menenangkan kulit kepala dan mengurangi rasa gatal.

6. Mengatasi Rambut Rontok

Rambut rontok menunjukan rambut yang kurang gizi dan kurang terhidrasi.
Buat masker rambut dengan campuran 250 gram buah pepaya dan setengah cangkir yoghurt. Tumbuk bahan bersama-sama sampai halus. Oleskan pada rambut yang bersih dan biarkan selama 60 menit sebelum dibilas dengan shampo.

Setelah membaca berbagai manfaat yoghurt di atas, tidak ada salahnya jika kita menambahkan yoghurt dalam menu harian kita ya Horisoners. 

No comments:

Post a Comment